WELCOME TO INDRADIMARZA BLOG - SELAMAT MEMBACA ^_^

Selasa, 02 April 2013

Traceroute (Tracert) pada Wi-FI



Apa itu Wi-Fi ?

Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untukJaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.


Bagaimana Topologi Wi-Fi ?





Apa itu Traceroute ?

Traceroute atau Tracert ( pada windows ) merupakan salah satu cara untuk menganalisa jaringan komputer yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.  
Tracert (Windows) bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi tracert.exe melalui commad prompt. Coba klik start-pilih run-dan ketikkan cmd, kemudian ketikan saja tracert namasitus contohnya tracert indowebster.web.id. Proses rute perjalanan data sebelum sampai ke situs akan terlihat jelas disini IP address, Gateway, ISP provider, dsbnya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.


Dari hasil tracert inilah, anda dapat menganalisa jaringan komputer yang anda gunakan. Yang perlu anda perhatikan disini
Hops atau lompatan, loncatan atau perpindahan data. semakin sedikt hops semakin baik. Hops ini akan terlihat berdasarkan urutan angka 1,2,3,dst
Waktu biasanya dalam satuan ms ( milisecond ), semakin kecil waktu perpindahan data maka akan semakin baik.
Jika pada hasil tracert ada tanda * atau pesan request timed out, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. Solusinya anda bisa menanyakan kepada pihak ISP (penyedia jasa internet) atau bisa didiskusikan dengan admin jaringan komputer anda barangkali ada gangguan atau hal lainnya.

Anggota Kelompok :
Anjas
Benyamin
Damar
Dhimas
Dafid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar