WELCOME TO INDRADIMARZA BLOG - SELAMAT MEMBACA ^_^

Rabu, 13 April 2011

Information Technologies : Knowledge Modeling for Educational Games

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Information Technologies atau Teknologi Informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Pertanyaan ini sering diutarakan dan untuk menjawabnya diperlukan pemahaman mengenai teknologi informasi itu sendiri. Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis dan usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.


Dari definisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi dapat dikembangkan menjadi Knowledge Modeling for Educational Games yaitu teknologi informasi yang mencangkup pengetahuan pemodelan untuk games pendidikan. Maksudnya adalah teknologi informasi dapat digunakan untuk sarana belajar mengajar melalui game edukasi atau game yang mendidik. Hal ini menjadi konsekuensi dan dasar dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerapan model ini didesain oleh Miroslav Minović , Miloš Milovanović , Starcevic Dusan dan Jovanović Mlađan. Model berkontribusi terhadap metodologi pengembangan permainan pendidikan dengan cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip belajar. Mereka menunjukkan penerapan model desain mereka dalam studi kasus, di mana mereka mengembangkan editor game edukasi agar pendidik dapat dengan mudah menentukan permainan pendidikan yang bermanfaat untuk pengetahuan pelajar.
Dengan demikian Knowledge Modeling for Educational Games membantu dalam sarana belajar mengajar sehingga proses pembelajaran lebih maju melalui game edukasi yang sesuai dengan berkembangnya teknologi informasi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar