WELCOME TO INDRADIMARZA BLOG - SELAMAT MEMBACA ^_^

Selasa, 26 Oktober 2010

Internet dan New Media

INTERNET

Di era globalisasi ini, hampir semua kalangan masyarakat sudah mengenal internet dan dalam kehidupan sehari-hari mereka sudah menggunakan fasilitas ini untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Kegiatan apa saja yang mereka lakukan? Jawabannya akan terlihat setelah kita memahami apa itu internet, bagaimana sejarah internet, dan apa saja kegunaan Internet.

Apa itu Internet ?

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan perorangan.

Bagaimana sejarah Internet ?

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Kemudian pada tahun 1976 sudah lebih dari 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Tahun 1988 diperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ditemukannya program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Apa saja kegunaan Internet ?

Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi dan memeperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain :

· E-mail

· Mailing List (kelompok diskusi)

· File server/transfer

· Web/Distributed Multimedia database, serata

· Video dan Suara

Surat elektronik (E-mail), Dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat berkirim surat dan file antar komputer keseluruh dunia hanya membayar pulsa telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai ketujuan dalam beberapa menit.

Kelompok diskusi (mailinglist), Fasilitas ini dibangun dengan tekhnik yang sama dengan proses penyebaran elektronik. Dengan fasilitas ini berita di distribusikan kebanyak pengguna sekaligus, sehingga penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat oleh waktu dan ruang.

File server/transfer. Fasilitas ini memungkinkan anda menyalin file yang anda perlukan yang ada di internet dan menyimpannya pada file komputer anda.

Web/Distributed Multimedia Database, fasilitas yang memudahkan anda dalam melakukan navigasi informasi di internet.

Fasilitas Video dan Suara, dengan fasilitas ini anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak tersedia di internet.


NEW MEDIA

Sudah cukup jelas mengenai apa itu internet, sejarah internet dan kegunaan internet. Kegunaan internet lainnya yaitu tak lepas dari peran serta new media.

Apa itu New Media ?

New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru.


INTERNET DAN NEW MEDIA

Dikaitkan dengan Internet, New Media berhubungan langsung dengan fasilitas Internet. Contohnya saya bisa jelaskan secara kehidupan sehari-hari tak lepas kita dari berkembanganya musik yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia. Hampir semua kalangan masayarakat senang mendengarkan musik. Dan saya sebagai mahasiswa senang mendengar musik baru, bagaimana saya mendapatkan musik-musik ini agar lebih mudah? Tentu saja saya menerapkan new media yang berkaitan langsung dengan intrenet, misalnya yaitu saya langsung men-download musik yang saya inginkan lewat fasilitas 4shared yang ada diinternet. Hal yang saya lakukan merupakan contoh langsung penerapan New Media.

Contoh lainnya yaitu apabila saya ingin mendapatkan video clip dari lagu yang telah saya download, saya bisa langsung menontonnya lewat Youtube. hal tersebut juga merupakan penerapan New Media yang tak lepas dari dunia Internet.

Sekian pembahasan mengenai Internet dan New Media. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kedepannya.

Terima Kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar